Input Pembelian Barang via Purchase Order (PO)


Setelah kita selesai memasukkan data-data Master Barang, Supplier, Pelanggan, dan Bank maka kita telah siap untuk melakukan transaksi. Namun, sebelum terjadi transaksi penjualan, maka kita harus melakukan pembelian barang lebih dahulu agar ada stock barang yang bisa kita jual.

Pada program omegapos cloud, untuk melakukan pembelian barang terdapat 2 cara yaitu yang pertama Purchase Order (PO) atau melakukan pemesanan barang terlebih dahulu, dan yang kedua adalah Pembelian Langsung atau tanpa melakukan PO. Pada program omegapos cloud, perhitungan HPP diperoleh dengan metode average (rata – rata) dari harga beli suatu barang. Pengertian dari metode average (rata – rata) yaitu contoh; apabila pembelian pertama harga beli barang yang diperoleh yaitu 5000 sedangkan pembelian kedua harga beli barang yang diperoleh yaitu 4500, maka HPP barang yang terbentuk saat pembelian kedua yaitu (5000+4500)/2 = 4750.

Input Purchase Order Barang

Berikut ini akan dijelaskan cara input purchase order:

1.      Masuk menu pembelian pilih purchase order lalu pilih input PO baru

2.      Pilih nama supplier yang akan dituju untuk pemesanan barang, dan isikan barang – barang apa saja yang ingin dipesan beserta harga beli barangnya

3.   Tekan simpan, untuk menyimpan data purchase order / pemesanan barang dan cetak bukti purchase order


4.  Ketika barang telah dikirim oleh supplier dan telah diterima, maka purchase order yang telah dibuat perlu dilakukan realisasi agar terjadi aktivitas pembelian di dalam program dan stok barang di program akan bertambah karena ketika input purchase order, barang tersebut masih dalam status pemesanan. Untuk melakukan realisasi pembelian, masuk ke menu pembelian pilih purchase order dan pilih register outstanding PO.

5.  Pilih kode nota purchase order sesuai kode nota dengan hasil cetak sebelumnya, klik kanan dan pilih realisasi PO

6.  Selanjutnya akan langsung otomatis membuka tampilan pembelian dengan input barang yang di pesan sebelumnya

7.    Tekan simpan untuk menyimpan data pembelian dan mencetak bukti penerimaan barang dan faktur beli. Dalam tahap ini stok barang akan tercatat di dalam program.