Input Master Pelanggan
Input / edit master pelanggan adalah modul yang digunakan untuk memasukan / mengedit daftar pelanggan yang ada dalam perusahaan. Berikut ini akan dijelaskan cara input / edit master pelanggan:
1. Masuk modul master Pelanggan, kemudian pilih input baru / edit per pelanggan
2. Akan muncul tampilan berikut:
2. Klik Kode Baru untuk generate kode pelanggan dengan maksimal 6 digit.
3. Isikan Kolom Perusahaan dengan nama pelanggan atau nama perusahaan pelanggan anda.
4. Aktifkan kolom PKP, jika pelanggan dikenakan pajak.
5. Isikan kolom Segment, jika terdapat beberapa pelanggan akan dikelompokkan dalam kelompok tertentu. Apabila terdapat notif segment belum terdaftar pilih yes
Klik kode baru dan isikan kolom Nama Segment Pelanggan, klik simpan dan tutup jendela master segment pelanggan.
6. Isikan kolom lama kredit untuk memberikan berapa lama pelanggan diperbolehkan untuk segera melunasi piutang.
7. Isikan kolom toleransi penagihan untuk memberikan tambahan waktu untuk melunasi piutang.
8. Isikan kolom regular disc, cash disc untuk memberikan persentase diskon yang diberikan untuk pelanggan tertentu di setiap transaksinya.
9. Klik simpan.
Berikut adalah penjelasan kolom-kolom yang terdapat di master pelanggan
No |
Nama |
Pengertian dan Kegunaan |
1 |
Kode |
Kode di gunakan sebagai kode Pelanggan |
2 |
Perusahaan |
Perusahaan di gunakan sebagai nama / keterangan perusahaan |
3 |
Badan Hukum |
Badan hukum di gunakan sebagai badan hukum yang terkait pada perusahaan tersebut, missal: PT,CV dan UD |
4 |
Penghubung |
Penghubung di gunakan sebagai penghubung perusahaan tersebut atau nama personal perusahaan sehingga kita bisa komunikasi dengan Pelanggan |
5 |
Alamat |
Alamat di gunakan untuk alamat Pelanggan |
6 |
Telepon |
Telepon di gunakan untuk informasi telepon Pelanggan |
7 |
Negara |
Negara di gunakan untuk nama Negara Pelanggan |
8 |
PKP |
PKP di gunakan untuk mengaktifkan bahwa Pelanggan tersebut termasuk pengusaha kena pajak |
9 |
Fax |
Fax di gunakan untuk informasi fax Pelanggan |
10 |
Kota |
Kota di gunakan untuk nama kota Pelanggan |
11 |
Segment |
Segment di gunakan untuk menentukan pelanggan segment umum, segment grosir atau segment eceran dll |
12 |
Sales Person |
Sales Person di gunakan untuk menentukan sales yang menghandle pelanggan tersebut atas nama siapa. |
13 |
Lama Kredit |
Lama kredit di gunakan untuk informasi lama kredit Pelanggan |
14 |
Toleransi Penagihan |
Toleransi Penagihan di gunakan untuk informasi Toleransi Penagihan pelanggan |
15 |
Regular Disc |
Regular Disc di gunakan untuk informasi Regular Disc Pelanggan |
16 |
Cash Disc |
Cash Disc di gunakan untuk informasi Cash Disc Pelanggan |
12 |
Black List |
Black List di gunakan untuk informasi pelanggan black list atau tidak |
13 |
Keterangan |
Keterangan di gunakan untuk informasi / keterangan Suplier |
14 |
Komisi |
Komisi di gunakan untuk informasi komisi pelanggan |
10. Jika ingin edit data suplier maka pilih tabel register supplier. Pilih supplier yang akan di edit lalu tekan edit pada toolbox bagian kanan
11. Jika sudah selesai edit data barang maka tekan Simpan pada bagian bawah