Alur Pembelian Barang Pada Bisnis Retail


Setelah mengetahui alur proses penjualan dan manajemen stock pada materi sebelumnya, anda mungkin memiliki pertanyaan seperti bagaimana cara memulai atau apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum alur proses tersebut terjadi. Sebelum alur proses bisnis yang sudah diketahui sebelumnya berjalan, terdapat alur proses lainnya yang terjadi yaitu PEMBELIAN.

Sebelum terjadi proses aktivitas penjualan dengan pelanggan, tentunya kita harus memiliki supply stok barang dagangan. Dan sebelum melakukan supply stok barang dagangan, tentunya kita harus memiliki daftar supplier yang dipercaya untuk mensupply stok barang dagangan.



Berdasarkan gambar diatas, alur proses yang terjadi adalah: ketika kita mensupply barang dari supplier maka admin pembelian akan melakukan input PO (purchase order) barang dari daftar supplier yang dimiliki, kemudian supplier tersebut akan menerima order dan melakukan pengiriman barang. Setelah barang diterima disaat itu juga proses transaksi pembelian terjadi dan barang yang diterima akan disimpan ke dalam gudang.