Alur Penjualan Bisnis Retail



Sebelum kita memulai penjelasan bagaimana cara menggunakan Omega POS untuk Bisnis Retail Anda, terlebih dahulu kita akan mengulas sedikit terkait alur-alur apa saja yang biasanya terjadi pada Bisnis Retail.

Semua orang mungkin pernah berbelanja di supermarket atau minimarket. Namun pernahkah anda bertanya – tanya bagaimana caranya untuk mendirikan suatu bisnis yang bergerak pada jenis usaha retail atau contoh pertanyaan paling mudah adalah bagaimana alur proses supermarket atau minimarket itu berjalan?

Pada dasarnya, alur bisnis atau proses yang terjadi pada supermarket atau minimarket cukup sederhana yaitu: Pelanggan berkunjung ke supermarket atau minimarket untuk memilih barang – barang yang diinginkan kemudian pelanggan akan menuju meja kasir untuk membeli barang dan menyelesaikan transaksinya seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.



Selain terjadi alur bisnis proses diatas, terjadi pula proses pergantian shift yang biasanya adalah kasir yang bertugas pada waktu pagi hari akan digantikan oleh kasir yang bertugas pada sore hari. Alur prosesnya seperti gambar dibawah ini.




Kasir yang bertugas di pagi hari akan melakukan laporan tutup kasir sebagai pertanggung jawaban atas transaksi yang terjadi disaat dia bertugas, Kemudia kasir 1 dan kasir 2 akan menghitung kembali uang tunai yang diperoleh selama mereka bertugas kemudian melaporkan hasil penjualan dan uang tunai yang diperoleh tersebut untuk disetor kepada supervisor kasir 1 dan kasir 2. Disaat yang sama supervisor kasir shift pagi juga sekaligus akan menyerahkan tugas kepada kasir shift sore, supervisor juga akan memberikan uang modal untuk kasir yang bertugas shift sore dimana hal ini juga dilakukan ketika kasir shift pagi akan memulai tugas nya.