Alur Pengecekan Stock Bisnis Retail


Ketika anda berkunjung ke supermarket atau minimarket, biasanya anda akan menjumpai ada salah satu dari petugas kasir yang melakukan pengecekan barang yang ada di rak barang supermarket atau minimarket tersebut. Sebenarnya aktivitas tersebut adalah kasir sedang menghitung dan mencatat stok barang yang ada di toko, yang kemudian data tersebut akan digunakan untuk melakukan stok opname.

Stok opname sendiri merupakan suatu aktivitas perhitungan fisik barang yang ada di toko untuk dicocokkan dengan data laporan yang diperoleh dari program. Fungsinya untuk mengetahui apakah ada ketidakcocokkan antara stok fisik dengan stok dari aktivitas keluar masuk barang yang dicatat oleh program.




Berdasarkan gambar diatas, aktivitas yang terjadi ialah seorang kasir melakukan pengecekan, menghitung dan mencatat stok fisik yang ada di toko. Kemudian data tersebut akan diolah untuk mengetahui apakah data stock fisik tersebut cocok dengan stok yang dicatat oleh program.

Apabila setelah mencocokkan stok fisik barang dengan stok barang di program, dan kemudian terjadi ketidakcocokkan antara stok fisik barang dengan stok di program maka kasir harus bertanggung jawab atas kurang/hilangnya barang tersebut dengan membebankan biaya kerugian atas kurang/hilangnya barang kepada pihak kasir yang bertugas.